kasma stories

slamat datang di catatan sederhana dan g penting

Sabtu, 21 Agustus 2010

Tips Perjalanan Jauh dengan Motor


Ni ada beberapa tips untuk kawand2 yg bakal melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda dua alias motor, pa lagi ni kan lagi musim mudik alias pulkan maklum bentar lagi kan Hari Raya Fitri
1. Sebelum pergi check motor kita lagi. Ban dicek tekanannya,
2. Oli Mesin, apakah anda yakin oli anda mampu untuk melakukan perjalanan jarak jauh bila tidak seharusnya anda ganti sebelum melakukan perjalanan jarak jauh agar tidak terjadi hal yang tidak di ingginkan pada mesin anda.
3. Rantai, apabila anda merasakan getaran dan suara yang kurang nyaman pada posisi ban belakang dan mesin anda sebaiknya anda ganti sebelum melakukan perjalanan jarak jauh
4. Gear, sangat berpengaruh pada perputaran rante motor anda apabila akselerasi motor anda terganggu sebaiknya anda ganti karena sangat mengganggu anda saat perjalanan jarak jauh.
5. Lampu, pada saat anda berkendara malam hari lampu kendaraan anda tidak dapat menyorot secara maksimal dan mencegah terjadinya kecelakaan dari kendaraan yang berlawanan arah sebaiknya anda ganti sebelum membahayakan diri anda dan orang lain.
6. Kondisi mesin anda (kalau kurang mengerti mesin,tanyakan kepada bengkel yang anda percayai) anda pun harus teliti apa saja yang anda harus ketahui apabila sewaktu-waktu anda terjadi kerusakan di perjalanan dan anda harus mengerjakan sendiri.
7. Dalam perjalanan usahakan konsentrasi penuh jika berjalan di atas 60 km/jam. Menurut saya sebagian besar kecelakaan terjadi karena konsentrasi pengendara yang kurang atau lengah sedikit saja. Lebih baik kija kita mengendarai dengan kecepatan stabil, karena akan lebih mengirit bahan bakar dan menjaga keadaan mesin motor.
8. Pegang handle rem tangan terus kalau kecepatan tinggi, jangan dilepas, karena dengan memegang handle maka refleks jika mau mengerem mendadak akan lebih cepat daripada kita melepas handle rem dan memegang gas dengan seluruh jari. Begitu juga dengan rem kaki selalu siap untuk mengerem mendadak.
9. Peralatan serba guna, seperti; obeng,tang,kunci busi,dll, benda yang wajib ada di setiap kendaraan apapun.
10. Surat-surat kendaraan, hal wajib anda bawa baik perjalanan pendek atau perjalanan jauh.
11. Upayakan menyimpan nomor-nomor penting agar apabila terjadi hal yang tidak di inginkan maka orang yang mengetahui kecelakaan tersebut akan menghubungi nomor yang anda simpan tadi.
12. Upayakan menggunakan helm yang layak dan berstandar nasional agar perjalanan anda terasa lebih nyaman.
13. Jangan paksakan diri jika kita lelah atau pegal. Istirahatlah sebentar, misalnya tiap 2 atau 3 jam. Istirahat bisa saat mengisi bensin, makan atau sholat. Dan jangan paksakan motor untuk jalan terus. Istirahatkan motor selama ½ jam, karena mesin motor juga butuh istirahat dan pendinginan.
14. yang ga kalah penting jangan lupa bawa jas hujan untuk mengantisipasi kehujanandi jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar