kasma stories

slamat datang di catatan sederhana dan g penting

Kamis, 25 November 2010

Hari Guru Indonesia

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

ni fotoku bareng2 ma muridku wkt lomba lari thn lalu
Hari guru di Indonesia diperingati tiap tertanggal 25 November. Tanggal 25 November ini berasal dari hari terbentuknya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), wadah berkumpulnya seluruh guru di Indonesia.

Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Tujuan diperingatinya hari ini adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.
Peingatan Hari Guru di Kal-Tim

ni foto murid2 ku saat upacara bendera
peringatan HUT PGRI dan Hari Guru tahun ini sedikit agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Diantaranya kegiatan penghijauan yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh guru di kabupaten dan kota se-Kaltim sebanyak 58 ribu guru dan dipimpin langsung Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.

Walaupun penghijauan tersebut dipusatkan di SMPN 12 Samarinda, namun secara serentak akan diikuti 14 kabupaten dan kota se-Kaltim. Dan dilaksanakan dimasing-masing sekolah, dari tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar, hingga sekolah tingkat atas (SMA).

Selain itu, dilaksanakan pula malam penganugerahan atau Anugerah Education Award yang diberikan kepada para Guru Berpretasi dan Guru Berjasa. Penganugerahan bagi para guru di Kaltim ini merupakan kegiatan tahun ketiga pada tahun ini.

Anugerah yang diberikan ini berupa uang tunai maupun sertfikat bagi para guru yang terpilih sebagai guru berprestasi dan guru berjasa, serta pengawas sekolah dari semua jenjang pendidikan dari guru dan pengawas sekolah taman kanak-kanak, guru dan pengawas sekolah dasar, guru dan pengawas sekolah menengah pertama, serta guru dan pengawas sekolah menengah atas.
berbagi pengalaman
Beberapa thn yg lalu aku hanya sekedar memperingati tanpa tau apa suka duka seorang guru dan ini adalah thn ke-3 ku merayakan hari ini dengan label "guru".
aku berprofesi guru, berawal dari ayah yg ingin memanfaatkan ilmuku (istilah bpk ku saat itu). wah kagok juga walau ini bukan pertama kalinya ku berhadapan dgn label "siswa", tapi kali ini statusku bukan lagi magang (seperti yg sudah2) melainkan sbg guru tetap (walau ada nepotisme dikit2).

Sebenarnya aku blum merasa pantas menyandang "guru" krn merasa ilmu ku belum cukup, selain itu ijasah sarjana pendidikan pun belum aku kantongi. Tapi, "anak2"ku memberi aku kekuatan tersendiri bahwa aku lah yang mereka butuhkan bukan orang lain.
trus terang tempat aku mengajar bukanlah sekolah elit, mewah, maupaun favorit. Sekolah ini hanyalah sebuah bangunan yg terdiri dr 6 ruangan, 1 perpustakaan (berisi buku2 yg sebenarnya udah g layak di gunakan), dan satu bangunan kantor (yg tidak layak di sebut kantor. benar2 sekolah yg super duper sederhana, karna tujuannya bukan materi melainkan moral. moral yg terpanggil untuk memberi pendidikan kepada warga sekitar yg kurang mampu.
sering di saat2 tertentu, apalgi kalau hujan baru saja menyapa tempat aku mengajar. kalau hujan sudah menyapa, alamat jalanan becek lah yang akan aku lalui. kalau udah becek, tak akan ada lagi sosok guru yg rapi, bersih, manizzz dan cantik (yg terakhir itu fitnah. yang hadir adalah sosok yg kucel, jorok dgn adanya beberapa tanah becek yg lengket di pakaian.

Nah klo yh ini foto guru yang paling narzizzzz dech kyknya

2 komentar:

  1. berkunjung disini .. saya juga ingin menyampaikan selamat Hari Guru Indonesia, smg mampu meningkatkan kualitasnya dalam mendidik anak bangsa .. Terima kasih kepada seluruh guru di Indonesia, engkau Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ..

    BalasHapus
  2. amiiin moga-moga pendidikan Indonesia semakin tertata rapi
    makasih atas kunjungannya

    BalasHapus