kasma stories

slamat datang di catatan sederhana dan g penting

Sabtu, 21 Agustus 2010

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa



Saat berpuasa, bau mulut merupakan faktor masalah yang sering dihadapi. saat kita sedang berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan pasti berkurang sehingga mulut kita akan menjadi lebih kering. Hal tersebut akan mengAkibatkan timbul halitosis atau bau mulut. Walaupun didalam agama bahwa bau mulut orang berpuasa itu seperti bau minyak wangi kesturi dan lebih wangi di bandingkan parfum paling terkenal di dunia pun di mata Allah. Meskipun begitu Bau Mulut saat berpuasa mungkin agak mengganggu saat kita bergaul sesama saudara kita. Apalagi ketika pekerjaan kita mengharuskan berinteraksi dengan orang banyak, kita pasti tidak mau ada rasa canggung karena bau mulut.Jika kita tahu cara menyiasatinya, ternyata kita bisa menjalankan puasa tanpa bau mulut.
Berikut ini beberapa tips agar terbebas dari bau mulut. Ayo kita coba dan buktikan!
Hindari menyantap hidangan yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai, jengkol, bawang mentah pada saat bersantap sahur.
Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.
Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.
Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
Menggosok gigi dan menyikat lidah setelah makan dan menjelang tidur. Permukaan lidah yang tak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana.
Berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut.
Sahur dengan menu sayuran tumis atau sayur bening dan ditutup dengan semangkuk buah segar.
Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur setelah makan sahur. Air rebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut.
Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar