kasma stories

slamat datang di catatan sederhana dan g penting

Selasa, 09 November 2010

10 November



Selayang Pandang Peristiwanya
Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.
Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.
Pihak Inggris yang sangat yakin dengan kekuatan tentara yang dimilikinya menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak.
Di balik kepongahan tentara Inggris, mereka terpaksa di buat syok karena perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang semula hanya merupakan perlawanan yang tidak terkoordinasi dan merupakan perlawanan secara spontan, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.
Peristiwa berdarah di Surabaya ketika juga berhasil menkadi pemicu perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan
Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme
Peristiwa 10 November ini juga dikenal sebagai Battle of Surabaya

Peritiwa lain yang terjadi di dunia pada tanggal 10 November
1928 - Hirohito dilantik secara resmi menjadi Kaisar Jepang ke-124.
1963 - Games of New Emerging Forces (GANEFO) diadakan di Jakarta, diikuti oleh 48 negara Asia, Afrika, Eropa Timur dan Amerika Latin
1991 - Peresmian Museum Wasaka oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Ir. H. Muhammad Said
2009 - Terjadi mati listrik di Brasil dan Paraguay
1919 – hari kelahiran seorang perancang senjata Rusia Mikhail Kalashnikov
1928 – Kelahiran Soesilo Soedarman, mantan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polkam) dan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Menparpostel).

4 komentar:

  1. Selamat Hari Pahlawan!
    Semoga semangatnya perjuangan tetap ada bersama kita dan terwujud dalam tindakan nyata.

    BalasHapus
  2. amiiin
    makasih udh mampir ya mba

    BalasHapus
  3. "1919 – hari kelahiran seorang perancang senjata Rusia Mikhail Kalashnikov"

    Wah, ini yang terkenal dengan senjata AK-47 itu ya?

    BalasHapus
  4. hehehehe klo masalah itu diriku kurang tau om
    Ntr dewh di cari2 lagi

    BalasHapus